Jalin Silaturahmi Bhabinkamtibmas Jelijih Punggang Polres Tabanan Sambang Ke Tokoh Agama

Polda Bali-Polres Tabanan-Polsek Pupuan ( 11/11 ) Bhabinkamtibmas bukan saja sebagai bhayangkara pembina keamanan desa ,namun disisi lain ia juga bisa menggerakan tokoh masyarakat  untuk munculkan ide kreatif. Saat di temui di pura puseh pada saat memimpin upacara pada hari raya kuningan di Desa adat pekraman penyawa jero bendesa adat I Wayan Baru dan jero mangku puseh menyampaikan kegembiraanya kepada bhabinkamtibmas sebab dirinya dan warganya yang tinggal begitu jauh di pedalaman bhabin bisa sering mengunjunginya baik saat ada upacara maupun saat kerja di kebun. Di saat selesai melaksanakan persembahyangan bhabin menitipkan pesan kamtibmas kepada tokoh masyarakat dan warganya apa bila nanti memiliki permasalahan secepat mungkin menyampaikan kepada bhabinkamtibmas.Selalu bisa diajak bekerja sama di berbagai hal dalam menjaga keamanan desa.

Disampaikan pula oleh jero bendesa adat penyawa pada saat melaksanakan persembahyangan bahwa memang seharusnya seorang bhabinkamtibmas harus bisa menjadi pembimbing  paling tidak bisa memberikan binluh tentang agama sehingga masyarakat lebih paham tentang tugasnya atau swadarmanya sebagai masyarakat. Kaitan dengan pembuatan pararem jero bendesa adat juga setuju interfensinya bhabinkamtibmas masalah aturan atau pararem yg di buat sehingga tidak melempas dari hukum negara atau acara hukum pidana demikian ungkap jero bendesa adat.

Mendapat saran seperti itu bhabinkamtibmas menerima masukannya dan nantinya akan berkordinasi dengan semua komponen masyarakat untk bisa di laksanakan . mengingat komonitas masyarakat beraneka ragam dan tingkat kesadaranya berbeda perlu waktu untuk menyesuaikan sehingga bisa di terima dan tidak menimbulkan komflik di masyarakat. serta ikut menyusun pararem atau awig awig yang ada di desa pekraman.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*